November 11, 2017

Makaru 01: Mie Ayam Mas Karyo

Dengan niat mulia dan penuh ketulusan serta ingin di-endorse, tahun ini, Andiebuytank, ingin mengepakkan sayap yang patah setelah sekian lama tidak terbang. Hari ini saya ingin re-make sesuatu yang lama di blog saya yaitu Makanan of the Week.

Makanan of the Week ini sudah ada di blog ini sejak 2009, dimulai dengan tidak adanya ide buat nulis blog dan ingin memberikan info-info makanan enak di Pekanbaru. Ya... Walaupun dengan bahasa yang tidak dapat dimengerti oleh homo sapiens pada umumnya. Tapi kan niatnya bagus kan yah?


Selain Makanan of the Week, dulu juga ada Aspal of The Week, Tukang Parkir of The Month dan Plat Mobil of The Month. Mungkin nantinya, award-award ini akan saya re-make dengan bentuk yang lebih elegan plus dengan bahasa yang lebih manusisawi.

Atas pertimbangan tertentu, Makanan of the Week, saya re-make menjadi: Makaru - Makanan Enak Pekanbaru. Perubahan ini tentunya dilengkapi dengan perubahan logo Makanan of the Week yang primitif seperti gambar diatas menjadi gambar berikut:


Filosopi: Ditengah maraknya tempat makan baru di Pekanbaru, yang namanya makanan murah, enak dengan porsi banyak pasti tidak akan terganti. Dengan kecintaan saya terhadap kearifan lokal yang tetap istikomah jualan jajanan enak dengan untung yang tidak banyak, saya rasa mereka berhak mendapat apresiasi yang lebih. Salah satu apresiasi yang saya lakukan: MAKARU.

---

Setiap weekend yang saya lalui beberapa bulan ini, selalu diawali dengan mie ayam yang sama dan ditempat duduk yang sama pula. Saya pecinta mie ayam, walaupun waktu kecil sempat trauma makan mie ayam yang aneh sehingga menyebabkan traumatik mendalam tidak mau makan mie ayam selama sekitar 10 tahun.


Tempat makan mie ayam favorit saya, Mie Ayam Mas Karyo. Jualan di Jalan Sisingamangaraja Pekanbaru, sebelum simpang Kinibalu. Mie Ayam ini cuma buka dari pagi hingga siang. Jualannya cuma gerobak dengan tempat yang seadanya, tapi soal rasa, SUPER.

Tempatnya walaupun cuma seadanya, tapi tetap nyaman kok. Tempatnya tidak begitu ramai, tapi selalu ada aja yang berdatangan. Tidak ribut, yang jual juga tidak ngerokok plus jalanan Sisingamangaraja yang jarang ramai.

Harga mie ayam ini cuma 10rebu, tapi enak banget seperti mie ayam 20rebu. Sawinya ga pahit dan segar, porsinya buanyak, porsi ayam dan mie-nya tepat, lalu yang paling penting mie-nya olahan sendiri, bukan seperti tukang mie ayam kebanyakan. Oiya, kuahnya seger banget! Bukan seperti kuah kuning seperti kebanyakan mie ayam di Pekanbaru yang kadang bikin eneg gitu makannya.

Istri saya paling suka sama acar cabe ijo-nya. Katanya, potongan bawang bombay, bawang merah dan bawang putihnya aduhai sekali. Terus, makan mie ayam ini kalau saran saya jangan pakai saos dan kecap, karena rasanya sudah nikmat sekali. Ceker secara default tidak dikasih, tapi kalau minta bisa kok dikasih.


Menu makanan disini cuma ada Mie Ayam dan Mie Goreng Tek Tek. Tapi saya belum pernah coba mie gorengnya. Menu minumannya juga cuma ada air putih dan teh es. Uniknya, saya ga pernah pesan teh es disini, karena air putihnya seger. Jadi setelah makan mie ayam, paling enak minum air putih berasa luntur dosa-dosa makan mie ayamnya. Oh, heaven on earth banget dah!

Aksesoris yang ada disini tidak terlalu banyak dan kadang-kadang ada dan kadang-kadang tidak ada juga. Kadang-kadang ada keripik cabe, tapi besok bisa ada sate rendang kerang, besoknya lagi ada kerupuk pangsit, besoknya lagi ada peyek kacang. Harga aksesoris mulai dari seribu hingga dua ribu rupiah.

---

Dilihat dari sudut pandang lokasi, lokasi ini sangat strategis dekat dengan Mesjid Agung Annur Pekanbaru. Jadi kalau weekend, setelah joging di Annur atau CFD-an, bisa melipir ke Mie Ayam Mas Karyo ini. Pas weekday juga enak makan disini karena tempatnya yang dekat dengan wilayah perkantoran.

Kalau rasa, super nikmat dan cocok banget buat mengawali hari. Sepiring mie ayam, segelas air putih adalah menu paporit. Kadang saya suka menambahkan keripik cabe yang rasanya match banget sama mie ayam ini. Makannya juga nikmat, ga kepikir harga mahal yang menghantui setelah makan. Hahaha.

Dengan harga 10ribu per porsi, kita bisa dapat semangkok mie ayam tanpa sawi yang pahit, kuah yang segar, potongan ayam yang pas, tempat yang nyaman, acar cabe ijo yang segar dan nikmat, serta air putih yang segar. Maka, apa lagi yang kita butuhkan untuk sebuah mie ayam?

---

Mie Ayam Mas Karyo
Rate: 9,5 / 10
Lokasi : Jl. Sisingamangaraja (di depan dokter hewan, disamping kantor pertamina, sebelum simpang Kinibalu).

35 comments:

  1. Wah mie ayam, enak juga yah. Hobi yang membawa berkah kayanya nih mas, bisa dijadikan tulisan. Saya jadi terinspirasi buat bikin sesi jajan inside wkwk

    Tapi kemungkinan murah karna ga bayar sewa tempat mas andi. Coba suruh si bapak jualan di dalem mall. Pasti harganya bukan 10rb lagi hehe

    ReplyDelete
  2. Baru tahu saya kalau mie ayam bisa bikin trauma. Hingga 10 tahun pula. Keselek atau kenapa tuh? :|

    Kalau saya jelas nggak perlu minta ceker. Kurang doyan, sih. Hehe.

    Saking favoritnya, Mas? Rate sampai 9,5 gitu. Haha.

    ReplyDelete
  3. Penasaran sama mie goreng tek-tek itu. Pengen coba..
    Di Jogja sendiri macem-macem harganya yang tadinya 6k sudah sama minum air es, sekarang udah naek jadi 7k sama air es juga sih. Langgananku juga..he

    Btw, itu kenapa ko bisa trauma sama mie yang aneh gitu, Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, ya, mas td komen di blogku ya, komen lg dong, tadi ada msalah, khapus smua, lg blank soalnya, malah kehapus..jadi aku belum baca juga.. Ditunggu komennya lagi ya..

      Delete
  4. Mantap nie menu MAKARU enak sedap nikmat buat mencari makanan di hari libur. Show, Mie ayamnya lezat!

    ReplyDelete
  5. Seru nih. Lumayan bisa mengobati kekangenan saya sama Pku. Bakso dekat hotel Anom masih ada bang? Request reviewnya dong

    ReplyDelete
  6. baca ini pagi2 jd ngebet pingin mie ayam jg utk sarapan,,cuman syg blm buka mas langgananku.he
    porsinya banyak bgt y mas 10rb + ceker lg, disini 15rb mantap...

    btw kok smpe trauma 10th gt ada apa?

    ReplyDelete
  7. Kalau soal harga, tergolong mahal ya? ditempat saya mie ayam masih berkisar 12 ribuan kebawah. Wah itu aksesoris, kirain apa ternyata gituan :)

    ReplyDelete
  8. Anjer murah juga itu 10 ribuan. Di tempat gue bisa 15-20 ribu. :(

    ReplyDelete
  9. Sya penasaran sama kripik cabe nya gmn itu
    Soalnya blum pernah
    Disini mie ayam gk pke acar,

    ReplyDelete
  10. Dengan harha 10rb udh murah apa lg enak
    Jrang jrang itu

    ReplyDelete
  11. Saya suka makan mie, mie ayam sepuluh ribu lumayan paket hemat tuh
    oh ya sempat puasa mie 10 tahun kuat juga ya, saya cuma kuat satu bulan puasa mie

    ReplyDelete
  12. Wuih kece banget logonya Bang!
    Beli franchise buat posting Makaru boleh? Muahahaha..

    btw, rate nya nyaris sempurna, sungguh bikin penasaran.

    ReplyDelete
  13. tempat jajan yang cocok buat orang introvert yang gak suka keramaian,,
    saya juga penggemar mie ayam,, hehe tapi kalau nyoba mie ayam mas karyo yang ada di pekanbaru sana, kayaknya belum bisa, tekor di ongkos hahaha

    ReplyDelete
  14. makaru ternyata adalah singkataan ya?

    ngomong2 dapat upeti berapa nih sama makaru? ratingnya oke punya, 9.5.

    ReplyDelete
  15. Ya ampun mas...mie ayammu sukses bikin aku lapar. Porsinya gede banget. Jajanan fav aku tuh..bikin kenyang soalnyaπŸ˜€

    ReplyDelete
  16. sebagai penggemar mie ayam, aku pun merasa terpanggil buat icip2 :p

    ReplyDelete
  17. kayaknya pas di Riau saya belum pernah beli mie ayam... wah kalau harga 10 ribu udah mahal untuk ukuran di jawa, di kudus masih ada yang harga lima ribu lho

    ReplyDelete
  18. Lokasi strategis, menu ciamik pasti rame ya mang.. kapan-kapan saya mampir deh kalo pas maen ke rumah sodara di pk baru..

    ReplyDelete
  19. omg mie ayamnya menggugah selera.. jadi pengen ngemie ayam disini.. Sayangnya jarang yang jualan di serpong.. Emang mie ayam enaknya kalau siang2 apalagi pake saos mantapp ditambah es jeruk segarnyoooo

    ReplyDelete
  20. inget mas Karyo jadi inget teman main saya yang naksir sama neng ATun, nan endut tapi tetap manis juga sih....semoga mas karyo bahagia disisi-Nya

    #sidoel anak sekolahan

    ReplyDelete
  21. Aku suka mie ayaaaammm!!!! Eh.. tapi... Mas karyo itu bukannya tetangga si Doel yang ngegebet si Atun? πŸ˜€ Eniwei, fotonya bagus... ngundang selera banget yes... yumm!

    ReplyDelete
  22. Pinging nyicipi ke sana tapi kok jauh ya mas πŸ˜€

    ReplyDelete
  23. saya juga suka dengan mie ayam...
    makanan sederhana, nikmat, lumayan murah, dan bisa mengenyangkan. suatu pilihan yang sederhana dengan senyum bahagia kalau udah kelar menyantap mie ayam...

    ReplyDelete
  24. Mie ayam salah satu "santapan" pavorit klo lagi kumpul ma sohib-sohib, bolehlah juga klo di bagi tulisan tentang resep mie ayam super lezat nya, mas Andie

    ReplyDelete
  25. Makaru,, mie ayam memang selalu mampu membuat para penikmat kuliner ketagihan 😁

    ReplyDelete
  26. Selamat atas rebirth nya MoTW menjadi MAKARU :D

    Ada juga ternyata orang yang sarapan mie ayam. Aku kira cuma untuk makan malam aja hahaha. Terima kasih atas review MAKARU nya bos. Keep update ya, terutama makanan2 yang rasa bintang lima, harga kaki lima, porsi jumbo hahaha :))

    ReplyDelete
  27. widih MAKARU. lucuk bgt namanya.

    mie ayam nya bisa dibuat yamin gak (ga pake kuah)? kalo disana ada mie yamin juga gak sih?

    ReplyDelete
  28. Wew, disana udah 10 ribu ya. Di sini juga sih, tapi saya masih sempet ketemu n beli yg harganya 4rebu. Wow, rasanya makjleb.

    ReplyDelete
  29. bisa pesan di gojek gak yaa, hehe... tapi takutnya kalo bungkus itu suka ga dikasih sendok... makanan berkuang ga pake sendok itu rasanya :(

    ReplyDelete
  30. Wah ratingnya nyaris sempurna, jadi penasaran pengen nyoba, pasti rasanya maknyus ulala. Kebeneran Udah lama nggak nikmatin mieyabi eh mieayam...

    ReplyDelete
  31. Mantap baaangg
    Maaf selera humorku receh banget, ketawa ngakak pas baca line "Harga 10rb tapi enak banget seperti harga 20rb" wkwkkwkwwkwkkw

    Kurang banyak fotonya banggggggg

    ReplyDelete
  32. Ceker ayam rasa default...sumpah aku ngakak abisss... ya ampuuunnn, serius 10 ribu sebanyak itu???

    ReplyDelete
  33. Wah mas nya pecinta mie ayam, udah pernah nyoba mie ayam khas mana aja nih?

    Salam blogwalking mas

    ReplyDelete