October 12, 2017

Cerdas Cermat

Mengingat setelah kecewa dengan Sony M4 Aqua yang telah rusak kemarin.

Menimbang dengan sedikit rejeki berlebih, banyaknya cashback di marketplace tertentu, pertimbangan keuangan yang matang hingga akhir bulan, pengaruh cairnya es di kutub terhadap hasil pertanian, dan ketimpangan pendapatan pada daerah pesisir laut.

Saya memutuskan untuk membeli handphone baru dan bukan merk Sony.

---

Mungkin banyak yang bingung antara perbedaan orang pelit dan perhitungan. But, I know. Perbedaannya apa? Jika dihadapkan dengan kebutuhan primer atau sekunder selalu mencari yang paling murah tanpa pertimbangan. Nah, kalau perhitungan, selalu mencari yang terbaik dengan harga yang tidak selalu murah.

Perbedaannya, yaitu pertimbangan.

Saya termasuk orang yang perhitungan, jadi ketika saya memutuskan untuk membeli suatu barang, saya akan cari review, kelebihannya apa, kekurangannya apa, pelayanannya bagaimana, klaim garansi seperti apa, perbandingan dengan produk sejenis gimana, sehingga apabila dikumpulkan bisa jadi thesis.


Dan pilihan handphone baru saya, HTC One (M8). Handphone ini salah satu handphone terbaik..... pada tahun 2014. Saya belinya second like new halah tetep aja second.

Handphone ini pada tahun 2014, harganya bisa mencapai 9 Jutaan. Sekarang saya beli dengan harga seperlimanya. Alhamdulillah dapat dengan kondisi yang baik dan mulus. Perbedaan dengan handphone baru, saya belinya ga pakai unboxing terlebih dahulu halah banyak gaya.

Menurut saya, ini salah satu smartphone android dengan desain terbaik. Flawless! Desain unibody dengan bahan alumunium (90%), dual front-face speaker, dual camera jauh sebelum iPhone 7+ dateng di tahun 2016. Selain itu, saya juga males banget liat brand handphone sekarang dengan model-model yang hampir identik, apalagi setelah banyak merk-merk baru hadir yang billboard-nya dimana-aja-ada.

Dengan desain sempurna (setidaknya bagi saya), memang saya agak mengesampingkan spesifikasi hardware. Tapi hardware tersebut masih sangat sangat layak untuk digunakan pada tahun 2017. Lagian saya gunain cuma buat social media, foto dan light gaming, bukan hardcore gaming. Jadi yang penting asal ngga lag aja. Emang apalagi yang penting selain ngga lag? Kalo saya sih no.

Dengan harga segini, jika dibandingkan dengan handphone baru merk lain, saya rasa tidak ada yang bisa menandingi HTC One M8 ini. Mulai dari desain, kamera, speaker, manajemen memori dan interface. Jika ada kesempatan, nantinya saya akan bikin Deep Review handphone ini.

---

Untuk teman-teman yang pengen/ingin/mau/berkeinginan untuk membeli handphone baru dengan budget yang ga begitu besar tapi tetap bagus dan prestise tetap tinggi, membeli handphone second tidak ada salahnya. Asal belinya dengan seller yang jujur dan amanah. Perlu diperhatikan juga bukan barang rekondisi (biasanya dengan segel garansi resmi yang belum rusak, bukan segel bikin baru). Kemudian fisiknya bagus dan original.

Jangan beli terlalu murah dan terlalu mahal.

Pastikan tidak ada masalah terhadap handphone tersebut. Caranya, dengan banyak cari-cari review di internet, pastikan tidak ada masalah susah cari signal, cepat panas dan lainnya.

Terakhir yang paling penting, belilah dengan metode cerdas cermat. Cerdas ketika mempertimbangkan dan cermat ketika meneliti. Paragaf-paragaraf diatas salah satu contoh penggunaan metode cerdas cermat ini.

Sekian dari saya, terima cash dan kredit.

35 comments:

  1. Waw jaman now emang udah murah ya hp kelas high kayak gtu ya kang andi... keren nih bisa jadi bahan pertimbangan kalau mau ganti hp.. btw spesifikasinya juga oke ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti jika sudah bosan, kasih ke saya ya ?

      Delete
    2. Saya juga gak nolak kalau di kasih mah :D

      Delete
  2. 9 juta ya Klo baru..
    Aduh. Mahal. Saya juga bakalan mikir 1000x Klo mesti beli hp di harga segitu...itupun dindingnya bisa ketebak, nggak jadi beli😂

    Membelinya Klo udah jadi seperenam nya!
    Ha..ha, kayaknya kita satu grup Klo mesti cerdas cermat

    ReplyDelete
  3. Second rasa baru ya, masih istimewa tampilannya. Urusan gadget, kalau saya pertimbangannya adalah dari fungsi dan tahan lamanya. biasanya, saya juga cari2 review dulu mas. Btw Congratz ya punya hape baru....

    ReplyDelete
  4. setuju banget kalau kita nggak cuman beli smartphone yang cerdas dan cermat, ketika kita berselingkuh juga, misalnya kecerdasan dan kecermatan sangat menentukan perselingkuhan tersebut, setuju nggak, coba?

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Tombol sharenya masih diumpetin.

      Delete
    2. diumpetin mang lembu dan djankaru, karena ga ada yang mau share T.T

      Delete
    3. saya mah udah kebiasaan ngshare blog tetangga walaupun tetangganya boro-boro ngsahre artikel saya, bewe juga males...tetap tak share....keren kan saya ya?

      Delete
    4. Tombol sharenya ada di pojok kiri atas tuh.. kecil mungil...

      Delete
  6. Kalau saya beli hape, intiya resolusi kameranya. Karena kamera yang lebih saya butuhkan, Saya jarang sekali bermedia atau berinternet dengan perangkat hape.

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya ngga kuat beli smartphone yang mahal kan?

      Delete
  7. kalo saya lebih suka beli hape bekas..haha

    ReplyDelete
  8. soalnya hape bekas emang harganya bisa jauh beda dengan yang baru..bener yang penting cerdas cermat milihnya

    ReplyDelete
  9. setuju sekali. beli hp mahal2, ntar klo dijual juga jatuh harganya. benar kata kmu, mending beli seken yg kualitasnya masih bagus :)

    ReplyDelete
  10. Kirain acara cerdas cermat acara Tv dulu....heee...kunjungan balik gan .ehhhh..ada mang lembu...

    ReplyDelete
  11. keren dah pokoknya Reviewnya, awal baca judulnya juga nggak nyangka jadi review. Btw, ini bisa jadi pertimbangan buat beli gadget kedepannya. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan review sih ini mas Patrick, ini cuma sekedar pilihan untuk memilih handphone baru.. kalau review lengkap dan detail, nanti akan saya tulis beberapa hari ke depan

      Delete
  12. Nyimak dulu aja bang, HTC One M8 16 GB dg RAM 2 GB sekarang harganya 4 jutaan itu aja masih mahal (bagi penghasilan pas-pasan kayak saya..hehehe) palagi waktu baru "lahiran" 9 jutaan ya bang, dahsyat harganya

    ReplyDelete
  13. htc itu merknya emang gak seterkenal iphone atau samsung sih, tapi masalah kualitas juga oke tuh. Temen-temenku banyak yang pake htc dan mereka puas-puas aja sih.

    ReplyDelete
  14. wasalam, 9jt kalau baru, kayak iphone pula harganya.

    sama nih, dulu aku juga pengguna sony, tapi aku g puas soalnya baru 2 tahun pake udah g kuat dan sering hang. jadilah ganti hp

    ReplyDelete
  15. Saya kalau beli suka banyak mikir juga sih dari harga, kualitas yang sesuai denhan kebutuhan

    ReplyDelete
  16. haha. betul, mas. kalo mau beli haris cari kelebihan dan kekurangannya. sayang kalo nanti ujung - ujungnya malah kecewa.

    kalo beli murah tapi kualitasnya ala kadarnya mah nggak bakalan awet deh kayaknya. ya kan?

    ya mending beli sesuai dompet + kualitas juga unggul. mantaplah pokoknya!

    ReplyDelete
  17. Seperlima, berarti 1,8 juta ya dari 9 juta? Harganya hampir sama kaya xiaomi redmi hehe

    ReplyDelete
  18. Nggak unboxing karena nggak ada box nya atau gimana ndi? Hahaha

    Gas bikin thesis ndi. Lanjut S2. Analisis faktor pertimbangan dalam memilih hape second like new di era modern :D

    Selamat atas hape barunya. Semoga makin lancar main RO nya :p

    ReplyDelete
  19. Keren deh..
    Ada rekomendasi gak mas, tempat beli kape second kualitas bagus untuk daerah jakarta dsk.. saya jarang keluar ruangan soalnya jadi gak tahu tempat mana yang biasa jualan hp :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kemarin beli online aja mas, liat reputasi, liat deskripsi, liat gambar produk asli, liat ada cashback, beli wahahaha

      Delete
  20. wah jadi pengin beli handphonenya karena pertimbangan ngeblog pakai hp lebih fleksibel

    ReplyDelete
  21. masih inget banget jaman ketika awal2 android booming, htc adalah hp andro paling keren pd saat itu

    ReplyDelete