August 25, 2017

Curriculum Vitae Edisi 2017

Pertama kali saya bikin Curriculum Vitae itu tahun 2010. Terinspirasi dari Mol. Jadi ceritanya disini saya mulai tertarik dengan typography. Ah, thank you Mol for reminding me how important font is. Terus belajar-belajar bikin CV tanpa mikir itu layout-layoutan, yang penting mah bikin.

Saat itu saya masih SMA.


Dengan menggunakan font macem-macem, edit macem-macem, tapi sedikit bangga sama diri sendiri bisa bikin beginian. Jadi kalau kata orang, CV itu untuk 1 lembar, ini saya bikin 1 lembar juga. Tapi puanjang.

Selanjutnya Tahun 2011, sayanya tetep masih SMA. Udah mulai kenal brush-brush-an dan comot-comot gambar bagus dari internet. Typography udah mulai bagus, poto udah ada shadow, layout dah mulai-mulai ngerti, tapi tetep puanjang. Kali ini puanjangnya beneran panjang banget.


Ini dia bentuknya. Alhamdulillah dibilang bagus sama beberapa teman yang suka desain grafis. Jadi makin semangat bikin grafis-grafisan. Padahal mah ya, segitu doang. Hahaha.
 
Tahun 2012 dan 2013 vakum bikin CV. Tahun 2014, setelah menimba ilmu di kampus, ilmu desain grafis, konten CV, kemudian pengalaman-pengalaman baru, dan tentu saja untuk persiapan masuk kerja karena udah mau lulus kuliah. Tahun ini juga saya udah kenal diri saya sendiri.

Orange.

Saya jadikan warna utama saya untuk bikin-bikin desain, dan jadi semacam brand identity saya sejak 2014. Istilahnya jaman udah tau mau jadi apa. Soalnya CV Edisi 2010 dan 2011, saya tidak tau mau jadi apa.


Ini CV Edisi 2014. Cukup lama saya gunakan. Untuk ngelamar kerja saya gunakan ini, dengan beberapa editan yang perlu. Informasinya udah lumayan tersusun dan cuma seukuran A4, tidak seperti CV Edisi 2011 dan 2012.

Btw, kalau mau liat CV nya dengan jelas bisa klik gambar ya.

Dah tau woi.

---

Now, 2017. CV Edisi 2017. Dibuat setelah 3 tahun bekerja, disela-sela kesibukan, beberapa kali ga mood, dan beberapa kali ganti desain. Niatnya ini CV dapat digunakan untuk nyari pekerjaan yang lebih baik.

Edisi 2017 ini kalau kata Walter Mitty mah "Quintessence of Life". Perbaikan dari Edisi 2014 dengan penambahan deskripsi-deskripsi yang perlu. Dibuat dengan tata layout yang baik, font favorit beserta semua keluarganya, dan pembaruan kemampuan *tsah*.


Bagian atas, Introduction diisi dengan foto, nama, brief overview serta foto favorit saya menggunakan kamera analog, ya walaupun opacity-nya cuma 15%.

Selanjutnya Biodata dibuat dengan 5 Grid, Univers 57/67 Condensed biar hemat tempat tapi tetap jelas dan enak dibaca. CV ini saya buat dengan beberapa Grid yaitu 3, 5, dan 6. Tujuannya biar dinamis dan bagus diliat.
 

Edisi 2017 juga ada beberapa penambahan menu halah sepeti Highlight dan Achievement. Oiya, setelah baca beberapa referensi, highlight itu salah satu elemen penting di CV (bagi orang bule), isinya itu semacam "Sebaik apa kerjaan kita terhadap tanggung jawab setiap hari secara terus menerus". Walaupun bahasanya aneh, tapi seperti itu lah. Intinya tentang seberapa besar tanggung jawab kita pada kerjaan. Nah!


Quintessence of Life hingga saat ini, dalam 1 lembar A4. Saya cukup senang akan hasil akhir ini. Tapi ya menurut saya, saya yang bikin juga *ditampar*.

Jadi, yang ingin melamar kerja, mulailah membuat CV yang singkat, jelas, padat, indah dan kaya informasi dalam 1 lembar A4, bukan A3.
 
Sekian dari saya, terima risoles tanpa rawit.

15 comments:

  1. wuih keren banget cvnya mas.. saya tiru gapaapa yaaa.. makasih mas sharenya hehee

    ReplyDelete
  2. cv dgn design terkeren yang pernah aku baca nih kayaknya :)

    ReplyDelete
  3. wah masuk kuliah 2011 dia, aku lulus andie baru masuk kuliah rupanya *udah lupa

    ReplyDelete
  4. CV sekarang keren2 yaaa.. Jaman aku nglamar kerja dl, blm banyak yang kreatif2 gitu.. Paling anak2 grafis yang cvnya bagus2.

    ReplyDelete
  5. keren mas CV nya, belum pernah pke CV yang formatnya seperti di atas, izin nyontek mas, D

    ReplyDelete
  6. Satu saran aku setelah baca CV terbarumu ndi: kurangi berat badan
    Hahaha :))

    *walaupun aku ketawa, tapi sarannya serius ndi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bay, emang bener sih T.T

      Delete
  7. Widihhhh...
    jadi keliatan Pro CV-nya...

    ReplyDelete
  8. ini mah bukan CV ecek-ecek lagi, keren banget!

    ReplyDelete
  9. Dulu, bikin CV ditulis di selembar kertas kuato bergaris. Berkembang zaman, berkembang pula penulisan CV-nya; diketik komputer program MS word. Sekarang, bikin CV penuh dengan kreasi desain. CV Mas Andie ini salah satunya, kereeennn banget!

    ReplyDelete
  10. sumpah itu CVnya kreatif banget... beda ama yang saya pake yang cuma ala kadarnya.. wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Punya gw juga pake permainan warna gitu. Gw bikin cetarrr membahanan. Pokoknya gw ngelamar kerjaan gak pake cv item putih macem orang baru pertama kali bikin cv, wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  12. Keren CV nya, jdi kepingin bikin desain CV kayak gini.

    ReplyDelete
  13. Keren bamget bisa saya tiru nih... buat ngelamar kerja hehe

    ReplyDelete