July 12, 2017

Deep Review: Socky

Seperti tulisan yang kemarin, I'm in love with Indonesian local brand. Bukan saja karena harganya yang relatif lebih terjangkau dari merk luar, tapi setiap barangnya handmade dan terbatas. Tapi yang paling penting (setidaknya bagi saya), tiap produknya ada cerita, philosophy behind the product.

Tulisan ini juga bukan review pertama saya, tulisan lain bisa dilihat di label Review. Namun karena tulisan-tulisan yang lalu-lalu itu alay ga begitu mendetail. Mari kita sambut, label terbaru Andibuytank: Deep Review.

Jeng jeng~

---

Produk pertama yang kita lakukan deep review adalah: Socky.

Awal bulan Juli ini, tertarik buat nambah koleksi kaos kaki, mengingat kaos kaki yang ada di laci udah pada melar-melar, terus warnanya udah memudar. Iseng liat instagram ketemu Socky lagi diskon. Langsung sikat 2 kaos kakinya, Pyramid-BW dan Stripes-Sunny Sky.

---

Service

Socky ini udah memiliki banyak cara untuk melayani pelanggannya. Punya 2 instagram untuk katalog dan branding, website purchasing, Line@, WhatsApp dan email. Semua bisa dilihat di website Socky. Dan paling penting, ada harganya. I hate toko tanpa harga so baaadly mau apapun alasannya.

Pelayanan melalui Line@, cepet banget. Apalagi kemarin pesan saat libur lebaran.

Setelah melakukan pembayaran, besoknya barang dikirim karena pembayaran di hari Minggu. Hari Senin-nya, langsung difotoin resi JNE-nya tanpa diminta.

Rate 5/5, Excellent.

---

Packaging


Amplop coklat ukutan A4 dilipat 2, that's all. Tapi yang bikin happy saya, font nya.


DIN Pro! If I'm not mistaken sih. Tapi yakin dah itu DIN Pro. My favorite font, dan di-print menggunakan tinta laser. Eyegasm.

Tapi ya packing beginian harusnya bisa lebih baik menggunakan plastik transparan dengan merk atau semacam paper bag yang bisa dijadikan tempat untuk packing.

Rate 2/5, sorry.

---

Product


Kemasan pada umumnya kaos kaki. Karton diatas kaos kaki. Dari sini, bisa diliat, branding Socky selalu konsisten dan dapat digunakan dalam berbagai bentuk (lingkaran atau kotak) dan selalu menggunakan font yang sama. Mau di merk, tulisan-tulisan kecil sampai ke tulisan alamat pembeli.


Anehnya, disini dijelasin ukuran kaos kaki (walaupun one size) tapi dijelasin ukuran sepatu 36-44. Untuk yang punya ukuran kaki 36-44 ga ada masalah, tapi bagi saya yang punya ukuran kaki 46......... Bikin saya ragu untuk membeli. Tapi setelah dicoba, ukurannya pas sekali. Nyaman digunakan dan tidak terlalu stretch kaos kakinya. Alhamdulillah. 

Saran saya untuk Socky, sizing 36-44 tidak perlu dituliskan. Karena menurut saya, ukuran kaos kakinya sampe ukurang 49 juga masih muat.


Bagian belakang karton-kartonan tadi. Ingredient-nya kaos kaki, plus cara mencuci. Ternyata saya baru tau kalau mencuci kaos kaki harus dibalik.


Uniknya disini, Socky menggunakan double-tape dengan merk bukannya tidak seperti kaos kaki lainnya. Kaos kaki lainnya biasanya menggunakan label tag. Nice point.


Ini tekstur kaos kakinya. There's not much to say, tapi ini bahannya enak. Little bit different dari beberapa kaos kaki saya. Adem dan sangat nyaman untuk seri Stripes-Sunny Sky. Tapi Untuk Pyramid-BW agak ketat, mungkin karena ukurannya yang menciut.


FYI, Pyramid-BW ini produk barunya Socky, sedangkan Stripes-Sunny Sky produk lama. Tapi ukurannya berbeda. Tidak tau kenapa tapi semoga bukan pengurangan bahan. Harapan saya semoga ukuran besar untuk artikel-artikel kaos kakinya. Karena yang si Biru jauh lebih nyaman daripada si Item.

Rate 4/5, very good.

---

Verdict


Nyaman dan adem! Saya suka sekali warnanya, warnanya konsisten dengan apa yang di website dan instagram. Jahitannya rapih dan tidak ada merk-merk yang terlihat di permukaan kaos kaki. Pakenya bikin confidence naik beberapa persen, karena warnanya bagus. I mean tidak terlalu kontras dan tidak terlalu kalem.

Promosiin ke teman juga bikin bangga, karena branding dan produknya baik dan bagus. Hal yang perlu diperbaiki ada 2 hal yaitu packaging dan ukuran kaos kaki yang berbeda-beda. Sangat berharap untuk konsisten di ukuran kaos kakinya. Mau produk lama ataupun produk yang baru.

Finally, the one million dollars question, will you buy this product again? 

YES.

1 comment:

Bayu Fajar Pratama said...

Tulisan nya terlalu normal untukmu ndi hahaha
PERTAMAX GAN !!